Kamis, 03 Maret 2016

hutan tane olen desa wisata setulang

TANE OLEN

 Sebuah kebanggaan bagi saya terlahir disebuah desa yang bernama Setulang Kec.Malinau Selatan Kab.Malinau Kalimantan Timur. Setulang merupakan aset terpenting bagi kabupaten malinau dan bagi bangsa Indonesia, karena desa setulang adalah desa yang salah satunya berhasil mendapat kalpataru pada masa pemerintahan Presiden Megawati. Saya pikir sangat wajar desa ku tercinta ini mendapat penghargaan ini. hehe.

                                      

   Desa setulang masyarakatnya 99% bersuku Uma' Long yaitu sub dari suku Dayak Kenyah. Jadi saya sendiri adalah orang Uma' Long (tulen) hehe..... Aktivitas masyarakan Desa Setulang sehari-hari adalah bertani dan berkebun, jadi saya adalah anak petani... :)
Di Dessa Setulang kita bisa melihat banyak hal yang berhubungan dengan kesenian daerah khas Kalimantan Timur (Dayak Kenyah) Baik itu kerajinan tangan, tari-tarian, ukiran, rumah adat, keahlian-keahlian lokal dan yang paling menarik adalah Hutannya yang masih asli yang biasa kami sebut Tane' Olen.  Hutan tane' olen merupakan objek wisata alam yang dimiliki oleh desa setulang dan sudah menarik perhatian para Wisatawan asing / turis-turis asing yang sering mengunjungi hutan ini. Dalam hutan tane' olen kita dapat menjumpai hal-hal yang membuat pikiran kita segar dan tenang. :)..... keindahan alam yang sangat mempesona, air yang jernih, pohon-pohon yang masih asli (besar-besar), suara burung yang berkicau bagaikan alinan alam menyanyi merdi.... hehehe lebay dikit :). 
Kami sebagai masyarakat Desa Setulang menikmati kehidupan kami di daerah ini. Harapan kami kedepannya hutan tane' olen ini bisa memberi kesejahtraan yang lebih maju lagi bagi kami.
                          Perahu ketinting merupakan transportasi utama menuju ke hutan tane' olen
                                   Waktu bersama teman-teman mencari ikan 3 tahun yang lalu


                                      
t
Transportasi yang dapat digunakan menuju ketane olen
                                          
                                           Air terjun dihutan tane olen
                                    

4 komentar:

  1. ini milik kakak basmeran, blog ini.sya menkopi paste,utk keprluan tugas tik waktu masih disma

    BalasHapus
  2. karena kepepet waktu jadi saya pake blog nya kak,ran.soriy ya kak

    BalasHapus
  3. karena kepepet waktu jadi saya pake blog nya kak,ran.soriy ya kak

    BalasHapus
  4. ini milik kakak basmeran, blog ini.sya menkopi paste,utk keprluan tugas tik waktu masih disma

    BalasHapus